Bahaya Penyakit Impetigo

Bahaya Penyakit Impetigo Jika Tidak Di Tangani Dengan Benar

Bahaya Penyakit Impetigo – Jangan sampai anda menganggap sepele bila anak anda mengalami luka pada kulit, Sedikit saja luka bisa jadi peluang besar bagi bakteri jahat serta virus bersarang kedalam tubuh buah hati anda. Hal seperti ini yang dapat mengundang penyakit kulit yang sangat berbahaya, contohnya yaitu penyakit impetigo.

Bahaya Penyakit Impetigo

Penyakit impetigo dapat terjadi akibat adanya infeksi pada kulit. Biasanya penyakit impetigo berupa luka berwarna kemerahan pada area muka, terutama area seputar mulut dan hidung (impetigo krustosa). Penyakit impetigo biasanya dialami oleh bayi yang baru lahir (impetigo bulosa) dan anak-anak berumur 2 sampai 5 tahun (impetigo krustosa). Bagi anda yang belum mengetahui perbedaan antara impetigo bulosa dan krustosa silahkan baca artikel ==> Perbedaan antara impetigo bulosa dan krustosa.

Penyakit impetigo yang disebabkan oleh infeksi kulit adalah satu diantara penyakit yang sangat mudah menular. Selama sekitar 2 sampai 3 minggu, luka merah akibat impetigo bisa hilang dengan sendirinya tanpa harus diobati. Namun, Anda tetap saja harus mengobati luka tersebut supaya bisa cepat sembuh serta tak menular kepada anggota keluarga yang lainnya. 

Apa Saja Komplikasi Penyakit Impetigo ?

Mengenai dampak atau bahaya bila penyakit impetigo tersebut tak selekasnya diobati dengan benar dan tepat, pakar kesehatan telah sepakat diantaranya kulit tersebut dapat pecah-pecah serta mengakibatkan borok atau koreng yang berwarna kuning kecoklatan. Selain memicu borok atau koreng dapat juga menyebabkan komplikasi penyakit lainnya, Seperti :

  • Selulitis : Paparan bakteri impetigo pada lapisan kulit dalam dapat merusak jaringan dasar kulit dan mengakibatkan penyakit selulitis atau infeksi kulit lapisan dalam. Bila tak selekasnya ditangani, maka dapat mengancam nyawa buah hati anda. Lantaran bakteri tersebut dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah sehingga memicu tumbuhnya kelenjar getah bening yang mematikan.
  • Penyakit glomerulonefritis. Bila bakteri impetigo masuk kedalam system limpa serta aliran darah, maka kesehatan organ ginjal dapat juga terancam. Satu diantara komplikasi yang menyerang ginjal ini ditandai dengan sakit kepala atau mual yang senantiasa memburuk, pembengkakan pada tubuh, dan perubahan pada urine.
  • Penyakit ecthyma. Keadaan ini merupakan perkembangan dari gejala impetigo yang sudah terlalu kronis atau parah, yakni saat infeksi menyebar lebih jauh kedalam susunan kulit serta dapat meninggalkan bekas luka yang permanen. Bila tak diobati dengan benar, Kulit penderita ecthyma akan dipenuhi bisul bernanah yang terasa sangatlah gatal, dan menimbulkan borok atau koreng yang berwarna cokelat gelap.

Dengan demikian, anda harus ekstra hati-hati jika infeksi kulit anda sudah termasuk kedalam kategori penyakit impetigo baik itu impetigo bulosa maupun krustosa. Kenali gejala dan ciri-cirinya sejak dini !. Ingin tahu gejala atau tanda-tanda penyakit impetigo bulosa maupun krustosa ?, silahkan anda baca artikel lainnya => Gejala Klinis Impetigo Bulosa dan Krustosa.

Temukan Informasi mengenai cara penanganan penyakit impetigo > di sini <

Baca Juga

Obat Panas Dalam Anak
Obat Batuk Tradisional di APOTIK
Obat Flu Singapura Anak
Obat Penurun Kolesterol
Obat Kesemutan Pada Kaki dan Tangan

Apakah Anda Menyukai Postingan Kami yang Satu ini?
Silahkan dapatkan Informasi Mengenai Kesehatan lainnya klik

Twitter
Facebook
Google+

Bahaya Penyakit Impetigo

QnC Jelly Gamat , Khasiat QnC Jelly Gamat, Manfaat QnC Jelly Gamat Obat Alami QnC Jelly Gamat, Obat Herbal QnC Jelly Gamat, Obat Tradisional QnC Jelly Gamat, Agen QnC Jelly Gamat