Cara Pencegahan Penyakit Campak Jerman

Cara Pencegahan Penyakit Campak Jerman

Cara Pencegahan Penyakit Campak Jerman

Cara Pencegahan Penyakit Campak Jerman – Sebelum kita membahas cara mengatasi campak jerman alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang penyakit campak jerman.

Apa Campak Jerman Itu ?

Campak jerman atau bisa di sebut dengan penyakit rubella salah satu penyakit yang dapat menular dan disebabkan oleh virus rubella. Campak jerman atau rubella dapat dilihat dari gejala yang paling utama yaitu adanya ruam merah dengan berbentuk bintik-bintik. Campak jerman juga sering terjadi pada anak yang belum mendapatkan vaksin gondok, campak dan lain-lainnya. Penyakit ini juga tidak hanya menyerang pada anak-anak melainkan orang dewasa pun ikut terjangkit penyakit ini. Dan sangat mengkhawatirkan jika penyakit ini menimpa pada ibu-ibu yang sedang hamil maka akan menyebabkan kematian pada janin atau cacat bawaan yang di kenal sebagai sindrom rubella kongenital (CRS). 

Dari penularan yang paling utama penyakit ini dapat melalui dari butiran liur di udara yang di keluarkan penderita melalui batuk maupun bersin dan berbagi makanan atau minuman dalam perlengkapan piring atau gelas yang sama dengan penderita juga dapat menularkan campak jerman atau rubella. Sama halnya penularan juga dapat melalui proses jika anda menyentuh mulut, hidung, serta mata anda setelah memegang benda yang sudah terkontaminasi oleh virus rubella.

Gejala Yang Sudah Terkena Penyakit Campak Jerman atau Rubella 

Gejala dari penyakit campak jerman atau rubella pada umumnya akan muncul setelah 2-3 minggu terpapar virus. Gejalanya sebagai berikut :

1. Mengalami sakit kepala dan di sertai demam ringan
2. Mengalami hidung tersumbat atau ingusan
3. Adanya kelenjar getah bening di bagian leher dan belakang telinga menjadi bengkak
4. Terdapat ruam bintik-bintik merah di sekujur tubuh
5. Terasa sakit pada bagian persendian
6. Hilangnya nafsu makan
7. Mata terasa nyeri

Adapun Cara Penanganan Penyakit Campak Jerman atau Rubella, dari proses penganan sederhana ini bertujuan untuk meringankan gejala. Caranya sebagai berikut :

1. Untuk mengurangi rasa nyeri dan demam, penderita dapat mengkonsumsi obat paracetamol atau ibuprofen sebagai obat untuk menurunkan demam dan meredakan rasa nyeri pada sendi.
2. Selalu minum air yang hangat bercampur madu dan lemon untuk meredakan sakit tenggorokan yang disertai pilek.
3. Harus memperbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.
4 Dan yang terakhir harus beristirahat sebanyak mungkin.

Dari cara penanganan penyakit camapak jerman atau rubella, ada juga cara pencegahan penyakit campak jerman atau rubella.

Cara Pencegahan Campak Jerman atau Rubella sebagai berikut :

Untuk virus campak jerman atau rubella dapat di atasi dengan cara imunisasi pada saat sang anak masih balita atau tepatnya lagi disaat usia 12-15 bulan sejak kelahirannya. Kemudian untuk pemberian vaksin yang kedua kalinya dapat dilakukan pada saat mereka mencapai usia 4 dan 6 tahun. Pencegahan penyakit campak jerman atau rubella yang paling efektif yaitu memang dengan proses vaksinasi terutama bagi kaum wanita yang berencana untuk hamil. 

Pemerintah kini sedang berkampanye untuk pemberian vaksin MR dan menggantikan vaksin MMR. Dari vaksin MR ini dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit campak jerman atau rubella. Orang dewasa dan anak-anak yang hanya mendapatkan satu kali suntikan vaksin MMR, dan dapat mendapatkan vaksin MR pada saat usia berapa pun. Apabila anak sudah pernah mendapatkan vaksin MMR. vaksin MR ini juga di perbolehkan untuk di berikan.

Kaum wanita yang sudah merencanakan untuk hamil juga dapat di anjurkan memeriksa diri dengan melalui tes darah, jika hasil tes menunjukan bahwa seorang wanita belum memiliki kekebalan terhadap rubella, maka seorang dokter akan menganjurkannya untuk menerima vaksin MR. Setelah itu dia juga harus menunggu minimal 4 minggu untuk mengalami proses hamil. Maka dari itu harap di ingat bahwa vaksinasi ini tidak di perbolehkan untuk kaum wanita yang sedang hamil.

Selain cak vaksinasi, untuk pencegahan dan penularan campak jerman atau rubella itu juga sangat penting. Cara-cara untuk pencegahan dan penularan diantaranya yaitu :

1. Memindahkan penderita penyakit campak jerman atau rubella ke ruangan yang terpisah jauh dari anggota keluarga lainnya.
2. Menghindari kontak secara langsung dengan penderita sebisa mungkin, khususnya untuk ibu hamil yang belum menerima vaksin MR atau MMR dan seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
3. Selalu menjaga kebersihan diri, misalnya untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan sesudah bepergian atau jika terjadi kontak langsung dengan sipenderita.

Itulah ringkasan dari tentang cara pencegahan penyakit campak jerman agar anda bisa menjaga atau memperhatikan kembali dari kesehatan anda dengan baik dan benar dari penjelasan cara pencegahan penyakit campak jerman seperti yang diatas. Dari semua tindakan pencegahan di perlukan agar tidak terjadinya penyakit campak jerman atau rubella menimpa anda. 

Jadi pada umumnya jika anda sudah melakukan pencegahan terhadap penyakit campak jerman atau rubella dengan seperti cara diatas yang telah kami di jelaskan tetapi tidak kunjung sembuh. Disini kami akan merekomendasikan untuk mengobati penyakit campak jerman atau rubella dengan mengkonsumsi Obat Herbal QnC Jelly Gamat yang terbuat dari 100% bahan alami tanpa tercampur dengan bahan kimia apapun dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Silahkan Klik -> Obat campak jerman di Apotik

Baca Juga :

Obat penghancur plak pembuluh darah di Apotik
Obat gagal ginjal di Apotik

Obat darah tinggi di Apotik
Obat penghenti darah pada luka di Apotik

Obat diare bercampur darah di Apotik
Obat batuk perokok berat di Apotik
Obat sakit kepala vertigo di Apotik
Obat lambung bengkak di Apotik
Obat bopeng jerawat di Apotik
Obat pengencer dahak di tenggorokan di Apotik

Cara Pencegahan Penyakit Campak Jerman