Cara Untuk Mencegah Jerawat Datang Kembali Saat Menstruasi

Cara Untuk Mencegah Jerawat Datang Kembali Saat Menstruasi

Cara Untuk Mencegah Jerawat Datang Kembali Saat Menstruasi

Cara Untuk Mencegah Jerawat Datang Kembali Saat Menstruasi  Sekilas Tentang Jerawat. Timbulnya jerawat sering terjadi di permukaan kulit yang berminyak, dan pada dasarnya jerawat disebabkan oleh tumbuhnya kotoran dan sel kulit mati yang mengakibatkan folikel dan pertumbuhan sebum terhambat. Produksi minyak pada kulit biasanya di selaurkan melaui folikel tambut, kotoran atau sel kulit mati yang tidak di bersihkan akan menyumbat saluran ini hingga minyak yang ke luar akan bertumpuk dan menjadi komedo.  

Apa jerawat itu ?

Jerawat merupakan suatu penyakit radang yang mengenai susunan pilosebaseus yaitu kelenjar palit dengan folikel rambutnya. Jerawat sangat umum terdapat pada anak-anak yang sedang masa pubertas dan dianggap fisiologis oleh karena perubahan hormonal. Timbunan lemak di bawah kulit ini selain membuat kulit menajdi kasar, tidak rata juga tidak enak untuk di pandang.

Dan jerawat juga salah satu adanya kondisi kulit akibat minyak alami yang di produksi kulit menutup pori-pori. Minyak ini sering di sebut sebagai “SEBUM” yang di hasilkan oleh kelenjar minyak (sebaceous gland). Sebenarnya “SEBUM” itu di butuhkan oleh kulit untuk tetap menjaga kelembapan dan kelenturan kulit. Kelenjar minyak biasanya terdapat di lapisan kulit bagian wajah, leher, dada, dan lengan. Dari sanalah merupakan daerah yang sering di tumbuhi jerawat. Jadi, penyebab utama timbulnya jerawat adalah karena adanya produksi minyak yang terlalu banyak oleh kelenjar-kelenjar minyak dalam kulit.

Segala sesuatu tentang jerawat sangat menyebalkan, karena jerawat ini bisa datang tanpa kita harapkan sedikit. Nah, jerawat ini ternyata akan lebih rentan timbul saat Anda, para wanita, mengalami menstruasi. Menstruasi adalah siklus bulanan yang tidak dapat dihindari dan ini sering menjadi penyebab jerawat di hidung atau penyebab jerawat di wajah karena ketidak seimbangan hormon. Karena itu, pada artikel ini kita akan mengulas bagaimana cara mencegah jerawat saat menstruasi tiba.

Penyebab Jerawat Saat Menstruasi

Sebelum Anda mengetahui berbagai cara untuk mencegah terjadinya jerawat pada saat menstruasi, maka Anda terlebih dahulu perlu mengetahui berbagai penyebab munculnya jerawat pada saat menstruasi. Secara umum, jerawat pada saat menstruasi bisa disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor internal dan juga faktor eksternal. Perbedaan faktor internal dan ekternal ialah sebagai berikut :

1. Faktor internal
Jerawat yang disebabkan oleh faktor internal berperan penting dalam pertumbuhan jerawat saat Anda mengalami menstruasi. Pada saat menstruasi, bagian dalam tubuh Anda akan mengalami ketidakseimbangan hormon testosteron dan juga hormon androgen, dimana kedua hormon ini merupakan sejenis hormon yang menyebabkan jerawat.

2. Faktor Ekternal
Jerawat yang disebabkan oleh faktor eksternal pada saat menstruasi merupakan penyebab yang sebenarnya bisa kita hindari. Nah, penyebab jerawat berdasarkan faktor eksternal biasanya karena beberapa hal seperti :

  • Kurang menjaga kebersihan kulit
  • Kurangnya asupan cairan yang kita konsumsi sehari-hari
  • Mengkonsumsi makanan yang tidak benar

Nah, setelah anda tahu tentang hal apa yang menyebabkan terjadinya jerawat pada saat menstruasi, sekarang saatnya anda mengenal berbagai cara yang sangat ampuh untuk menghindari terjadinya jerawat pada saat menstruasi. Bagaimana caranya? Simak penjelasan selanjutnya sebagai berikut :

1. Menggunakan Masker Jeruk Nipis

  • Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C yang akan bertindak sebagai antioksidan dan bisa menangkal radikal bebas yang akan memicu jerawat inflamasi.
  • Jeruk nipis juga akan memicu produksi kolagen yang bisa membuat kulit menjadi elastis, dan bisa memberi nutrisi yang sempurna untuk kulit Anda, sehingga kulit Anda akan sehat dan cerah secara alami, dan hindari jerawat.
  • Jeruk nipis memiliki sifat anti bakteri yang tentunya berpotensi membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bisa bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan menyingkirkannya, dan memicu regenerasi sel kulit baru.

2. Mengkonsumsi Suplemen Nutrisi

Misalnya anda mengkonsumsi suplemen yang banyak mengandung Vitamin C, maka ini akan bermanfaat untuk membuat kulit anda umumnya menjadi lebih sehat secara alami dan sangat baik untuk proses detoksifikasi kulit. Selain suplemen vitamin C, anda juga bisa mencoba suplemen lain, seperti suplemen yang mengandung zat besi dan seng. Beberapa penelitian dan penelitian, termasuk penelitian yang dilakukan di The University of Maryland Medical Center, telah membuktikan bahwa suplemen gizi seng yang kaya dapat mengurangi risiko jerawat saat anda menstruasi.

3. Selalu Mencukupi Kebutuhan Asupan Cairan Setiap Hari

Perlu dicatat disini bahwa cairan yang dimaksud bukan hanya air putih, tapi bisa juga berasal dari buah, jus, atau sayuran. Nah, kenapa kita perlu memenuhi kebutuhan cairan saat haid? Hal ini karena ternyata, saat anda mengalami menstruasi, tubuh kita akan kehilangan cairan tubuh yang signifikan. Nah, jika kita kekurangan cairan, maka kulit akan kusam dan kering sehingga bisa memudahkan jerawat untuk tumbuh dan menghias kulit anda. Selain air, pastikan anda juga cukup mengkonsumsi buah dan sayuran yang memiliki nilai gizi lengkap ya.

4. Selalu Memperhatikan Pola Makan Serta Jenis Makanannya

Cara yang ampuh dan juga sederhana berikutnya yang juga bermanfaat dan cukup paten untuk mencegah terjadinya jerawat pada saat anda mengalami haid adalah dengan menjaga dan memperhatikan pola dan jenis makanan yang kita konsumsi. Pastikan anda tidak mengkonsumsi kacang-kacangan, atau makanan yang mengandung banyak minyak karena digoreng seperti gorengan, atau makanan yang bersantan dan juga makanan pedas. Makanan ini niscaya akan memicu pertumbuhan jerawat di kulit anda di masa depan. Mengkonsumsi makanan berjerawat seperti buah dan sayuran hijau, atau makanan lain yang dimasak dengan cara mendidih, mengukus, atau memanggang tentunya akan lebih bermanfaat bagi anda.

5. Membersihkan Wajah Setiap Hari Secara Rutin

Untuk mencegah timbulnya jerawat saat haid adalah mencuci muka secara teratur setiap hari. Mencuci kulit Anda secara teratur pasti akan menyingkirkan debu dan polutan lainnya yang menempel pada kulit Anda. Debu dan polutan jika tertinggal menempel pada kulit Anda, akan menyebabkan pori-pori tersumbat yang akan menyebabkan jerawat. Selain itu, tumpukan kotoran dan debu juga akan membuat peradangan jerawat.

6. Memperhatikan Kebersihan Rambut Anda

Perhatikan kebersihan rambut dan juga kulit kepala Anda. Tak terbantahkan bahwa rambut dan kulit kepala sangat rentan terhadap debu yang menyebabkan jerawat, atau bahkan kotoran dan jamur saat kita menggunakan penutup kepala untuk waktu yang lama dan dalam panas. Nah, jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan, maka gunakan helm atau topi untuk waktu yang lama, sebaiknya segera keramas saat sampai di rumah. Dengan melakukan perawatan rutin pada rambut dan kulit kepala, maka akan semakin sedikit kemungkinan jerawat bisa muncul di kepala dan dahi atau dahi. Jika Anda memiliki gaya rambut poni, Anda perlu melakukan perawatan ekstra karena jenis rambut bang akan sangat rentan dalam mengantarkan kotoran dan bakteri dari rambut ke kulit wajah kita.

7. Menggunakan Masker Apel

  • Apel memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat cukup banyak karena kandungan Vitamin C akan membuat apel ini bisa menangkal radikal bebas dan juga bisa mencegah peradangan dari jerawat.
  • Kandungan vitamin C pada apel juga bisa berperan sebagai pemicu produksi kolagen yang akan menjaga elastisitas kulit Anda dan membuat kulit Anda sehat dan bebas dari jerawat setiap saat.
  • Apel juga sangat berguna untuk memicu produksi melanin, yang bisa berperan sebagai pelindung kulit anda terhadap bahaya sinar UV.
  • Apel juga kaya akan vitamin A, yang akan sangat berguna untuk memicu proses pengelupasan sel kulit mati dan juga memicu pertumbuhan sel baru.

Sekarang anda tidak usah khawatir untuk mencari pengobatan untuk mengatasi jerawat pada wajah, kami sarankan anda segera mengoleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan mengkonsumsinya agar virus maupun bakteri di dalam tubuh terbasmi dengan menggunakan Obat Herbal QnC Jelly Gamat yang terbuat dari 100% bahan alami tanpa menimbulkan efek samping dan dapat mengobati penyakit berbagai macam penyakit kulit sampai tuntas. Silahkan klik -> Obat bopeng jerawat di Apotik

Baca Juga :

Obat gagal ginjal di Apotik
Obat darah tinggi di Apotik
Obat bopeng jerawat di Apotik
Obat lambung bengkak di Apotik
Obat batuk perokok berat di Apotik
Obat pengencer dahak di tenggorokan di Apotik
Obat penghancur plak pembuluh darah di Apotik
Obat campak jerman di Apotik

Cara Untuk Mencegah Jerawat Datang Kembali Saat Menstruasi