Ciri-Ciri Penyakit Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi

Ciri-Ciri Penyakit Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi

Ciri-Ciri Penyakit Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis dimana tekanan darah di dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “silent killer atau pembunuh diam-diam” karena jarang memiliki gejala yang jelas. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki hipertensi untuk mengukur tekanan darah.

Ciri-Ciri Penyakit Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi

Jika Anda belum memeriksakan diri dan tidak tahu tekanan darah Anda, mintalah dokter untuk memeriksanya. Semua orang dewasa harus memeriksa tekanan darah mereka setidaknya sekali dalam lima tahun.

Penyebab hipertensi atau darah tinggi biasanya umumnya disebabkan kebiasaan makan yang tidak sehat, dan sisanya selalu mengkonsumsi makanan dengan kadar garam berlebih. Stres, merokok, minum alkohol bisa memicu tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi. Mereka memiliki risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi, yang melebihi batas tekanan darah 120/80mm Hg.

Penyebab Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

  • Terjadinya stres
    Stres dapat meningkatkan tekanan darah, dan sehingga dapat mengakibatkan jantung memompa darah lebih cepat sehingga tekanan darah meningkat.
  • Adanya faktor keturunan
    Jika salah satu dari orang tua mengalami tekanan darah, kemungkinan anda akan beresiko mengalami tekanan darah tinggi.
  • Faktor usia
    Semakin kita bertambah tua dalam usia, maka elastis pembuluh darah kita juga berkurang sehingga cenderung akan mengalami adanya penyempitan pembuluh darah dan akibatnya tekanan darah pun meningkat.
  • Pola makan yang tidak sehat
    Beberapa makanan yang berpotensi meningkatkan tekanan darah seperti makanan yang diawetkan seperti sarden, kornet, ikan asin dan berupa makanan dengan zat kimia, makanan berlemak, dan makanan yang berkadar garam tinggi.
  • Obesitas atau berat badan berlebihan
    Karena faktor ini adanya kelebihan lemak yang akan mengganggu sistem peredaran darah hingga menimbukan penyumbatan.
  • Mengkonsumsi minuman berakohol
    Mengkonsumsi minuman berakohol dapat meningkatnya kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah kolesterol yang jahat berpotensi menyebabkan tekanan darah meningkat.

Ciri-Ciri Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Banyak orang yang menganggap hipertensi atau tekanan tinggi karena penyakit sepele, tapi anda harus waspada karena hipertensi atau tekanan tinggi gejala ini, yang tidak terlihat jelas selama bertahun-tahun, bahkan hipertensi disebut “Silent killer atau pembunuh diam-diam”  adalah penyakit yang membunuh secara diam-diam. Karena itu, diharapkan semua orang diharapkan lebih peduli dengan kesehatannya dan melakukan pemeriksaan rutin tekanan darahnya. Adapun ciri-ciri hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  • Sakit Kepala
    sakit kepala dengan tempo yang sering dan terus-menerus, bisa saja ini merupakan gejala dari tekanan darah yang melonjal naik. Karena sakit kepala ini biasanya tidak dirasakan pada hipertensi yang ringan. Anda dapat terserang sakit kepalajika tekanan darah berada diatas 180/110 mmHg.
  • Pusing
    Vertigo dan perasaan ringan pada kepala yang disertai perasaan pusing juga kemungkinan merupakan gejala hipertensi. Jika muncul secara tiba-tiba tanda-tanda seperti ini jangan pernah diabaikan karena jika perasaan pusing dan juga vertigo ditambah lagi dengan sulitnya berjalan dan pingsan bisa merupakan tahap awal gejala stroke.
  • Mati rasa
    Tekanan hipertensi akibat yang meningkat bisa menyebabkan mati rasa atau rasa kesemutan, yang bisa jadi pertanda timbulnya stroke. Jika hipertensi tidak bisa dikendalikan, maka akan menyebabkan kerusakan pada saraf, menyebabkan gejala seperti ini.
  • Mimisan atau pendarahan di hidung
    Pada tahap awal hipertensi, pendarahan hidung juga menjadi salah satu tanda yang muncul. Jika anda mendapati bahwa anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi maka pendarahan hidung sulit dihentikan segera berkonsultasi dengan dokter dan konsultasikan.
  • Mual dan muntah
    Meski gejala mual dan muntah merupakan gejala umum yang terjadi pada sebagian besar penyakit namun pada gejala penyakit hipertensi mual dan muntah sedikit berbeda karena hipertensi atau tekanan darah tinggi mual dan muntah disertai dengan penglihatan kabur dan juga nafas dengan sangat singkat. 

Meski hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya, namun penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan rendah garam, meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan, mengurangi makanan olahan, dan memilih makanan yang tepat.

Bukan hanya informasi tentang Ciri-Ciri Penyakit Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi, namun kami merekomendasikan salah satu obat herbal untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi secara alami tanpa efek samping yang berbahaya. Yang kami rekomendasikan untuk anda segera mengkonsumsi Obat Herbal QnC Jelly Gamat, yang telah terbuktikan kegunaan khasiatnya dan cara ini tidak memerlukan biayanya yang sangat mahal untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi secara tuntas. Silahkan Klik -> Obat darah tinggi di Apotik

Ciri-Ciri Penyakit Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi