Ciri Ciri Penyakit Impetigo

Ciri Ciri Penyakit Impetigo

Ciri Ciri Penyakit ImpetigoCiri Ciri Penyakit Impetigo – Impetigo merupakan infeksi permukaan kulit, yang mana penyakit ini adalah satu diantara bentuk pioderma (infeksi kulit akibat bakteri Staphylococcus, Streptococcus, atau keduanya) yang begitu menular. Impetigo terbagi jadi 2 jenis, yakni impetigo yang ditandai dengan keropeng (Impetigo Krustosa), serta impetigo yang ditandai dengan benjolan yang mengandung cairan (Impetigo Bulosa). Sekitar 70% dari penderita impetigo merupakan Impetigo Krustosa (Keropeng).

Apa Perbedaan Antara Impetigo Bulosa Dan Krustosa ?

Sebelum anda mengetahui gejala klinis apa saja mengenai penyakit impetigo Bulosa dan Krustosa, Anda harus mengetahui dahulu apa perbedaan antara 2 jenis impetigo tersebut.

1. Impetigo Bulosa

Impetigo tipe ini ditandai dengan benjolan berisi cairan, yang kerapkali dijumpai pada bayi baru lahir, akan tetapi dapat juga ditemui pada anak serta orang dewasa. Kelainan kulit berbentuk tonjolan kecil yang dengan cepat menjadi membesar serta diisi oleh cairan (bula). 

2. Impetigo Krustosa (Nonbulosa)

Impetigo non Bulosa type ini ditandai dengan timbulnya bercak-bercak merah, seperti luka (keropeng atau koreng) yang berwarna kuning kecoklatan, Walaupun tak melepuh, impetigo jenis krustosa ini lebih mudah menular dibandingkan dengan Impetigo Bulosa. Hal inilah yang menyebabkan Sekitar 70% orang menderita impetigo jenis krustosa. 

Impetigo krustosa sebagian besar menyerang pada anak umur 2 sampai 5 Tahun, dikarenakan kekebalan tubuh anak yang belum berkembang dengan prima. Selain sistem imun, iklim panas dan lembab turut ikut andil dalam perkembangan penyakit impetigo jenis krustosa ini. 

Bagaimana Proses Perubahan Gejala Klinis Penyakit Impetigo ?

Gejala atau tanda penyakit impetigo tak langsung terlihat setelah penderita terinfeksi, akan tetapi gejala umumnya baru tampak sehabis 4-10 hari terpapar bakteri. Biasanya tipe impetigo yang seringkali menjangkiti yaitu nonbulosa atau yang biasa di sebut impetigo krustosa. Bila Anda atau anak Anda menderita penyakit impetigo, hindari menyentuh area kulit yang terinfeksi guna mencegah penularan.

Infeksi impetigo bulosa umumnya terlihat dibagian tengah badan, seperti pada pinggang, leher, lengan dan tungkai. Sedangkan infeksi impetigo nonbulosa atau krustosa biasa terlihat di sekitaran mulut serta hidung. Namun bisa menyebar ke sisi badan yang lain melalui perantara jari, handuk, atau pakaian yang sudah terkena bakteri impetigo tersebut.

A. Gejala klinis penyakit impetigo bulosa :

  • Kulit melepuh serta memuat cairan yang memiliki ukuran 1-2 cm yang terasa sakit serta membuat kulit disekitarnya gatal.
  • Kulit melepuh yang dalam waktu singkat bisa menular ini lalu pecah dalam beberapa hari.
  • Pecahan kulit yang melepuh lalu meninggalkan kerak berwarna kuning.
  • Sesudah sembuh, kerak kuning itu hilang tanpa meninggalkan bekas sama sekali.

B. Gejala klinis penyakit impetigo krustosa (non-bulosa) :

  • Timbulnya bercak merah mirip luka yang tidak terasa sakit, tetapi sangat gatal.
  • Bercak dapat menyebar dalam jangka waktu yang singkat saat disentuh atau digaruk, lalu berubah menjadi kerak berwarna kuning kecokelatan.
  • Sehabis kerak yang ukurannya kurang lebih 2 cm ini kering, yang tersisa yaitu bekas berwarna kemerahan.
  • Bekas berwarna kemerahan ini bisa sembuh tanpa meninggalkan bekas dalam jangka waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

Demikianlah artikel mengenai gejala klinis impetigo bulosa dan krustosa, semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan serta kebersihan lingkungan anda.

Baca Juga

Obat Luka Agar Cepat Sembuh
Obat Penurun Kolesterol Jahat Dengan Cepat
Cara Mengatasi Tubuh Terasa Lelah Secara Alami
Obat Panas Dalam Anak Tradisonal
Obat Batuk dan Pilek Tradisional di APOTIK
Obat Flu Singapura Anak Tradisional

Ciri Ciri Penyakit Impetigo

QnC Jelly Gamat , Khasiat QnC Jelly Gamat, Manfaat QnC Jelly Gamat Obat Alami QnC Jelly Gamat, Obat Herbal QnC Jelly Gamat, Obat Tradisional QnC Jelly Gamat, Agen Jelly Gamat