Jenis Jenis Luka dan Cara Mengatasinya

Jenis Jenis Luka dan Cara Mengatasinya

Jenis Jenis Luka dan Cara Mengatasinya – Luka memang menjadi salah satu masalah yang paling sering ditangani oleh orang orang kesehatan di rumah sakit terutama di ruangan UGD. Sehingga bagi orang kesehatan yang bertugas di UGD tentunya sudah tidak asing lagi dengan namanya darah atau hilang salah satu organ, robekan, patah tulang dan sebagainya. Untuk menambah wawasan kita mengenai luka, berikut kami sampaikan untuk anda beberapa jenis luka serta cara mengatasinya (penanganannya) yang tepat. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menjembatani kesembuhan anda aamiin.

Jenis Jenis Luka

A. Luka Lecet (Vulnus excoriasi)

Pada dasarnya penderita luka lecet lebih banyak ketimbang dengan luka robek, ini dikarenakan luka lecet dapat disebabkan berbagai hal aktivitas sehari hari yang kita lakukan. Beberapa aktivitas sehari hari yang dapat memicu timbulnya luka lecet antara lain:

  • Jatuh dari kendaraan (motor, sepeda dan sebagainya)
  • Terjatuh ketika latihan (sepak bola, bulu tangkis, voli bal, dan sebagainya)
  • dan lain lain 

Bagaimana Cara Menanganinya?

Caranya sangat mudah sekali kawan. Pertama tama anda bersihkan luka dengan menggunakan rivanol, alkohol atau cairan sejenisnya. Setelah bersih taburkan serbuk pengering luka atau cairan pengering luka yang bisa anda temukan di apotik terdekat. balut luka dengan menggunakan kasa steril dan sekali kali biarkan terbuka akar dapat mempercepat proses pengeringan.

Obat Pengering Luka

> Obat Pengering Luka <

B. Luka Tusuk (Vulnus contussum)

Luka tusuk merupakan rusaknya jaringan kulit yang diakibatkan pisau, paku atau sejenisnya menembus ke dalam sampai ke tulang. Selain dapat memicu pendarahan yang amat banyak, pastinya luka tusuk akan memicu terjadinya rasa sakit dan pembengkakan pada organ dalam waktu agak lama.

Bagaimana Cara Menanganinya?

Pertama tama anda usahakan hentikan pendarahan dengan cara mengikat baian atas dari organ yang terkena luka tusuk. Untuk menghindari infeksi berlebih, anda bisa membersihkan luka tusuk dengan menggunakan air hangt, atau rivanol. Apabila luka amat parah, baiknya segera bawa ke rumah sakai atau dokter terdekat untuk dilakukan tindakan medis.

C. Luka Sayat (Vulnus insivum)

Luka sayat adalah suatu kondisi rusaknya jaringan kulit akibat sayatan benda tajam seperti pisau, percikan kaca, dan sebagainya. 

Bagaimana Cara Menanganinya?

Untuk menangani luka yang satu ini sangat mudah sekali, anda cukup membersihkan luka dengan menggunakan cairkan rivanol atau sejenisnya, kemudian taburkan bubuk pengering luka dan tutup dengan menggunakan kasa steril. Apabila luka yang terjadi akan besar, baiknya anda berkonsultasi kepada dokter terdekat agar bisa dilakukan tinadakan medis seperti di jahit dan sebagainya.

D. Luka Bakar (Vulnus combustion) 

Luka bakarseperti tersiram air panas mendidih, sengatan listrik memang menjadi salah satu kondisi yang sering dialami oleh kebanyakan orang di indonesia. Berbeda dengan luka lecet, luka tusuk dan luka sayat, yang memicu pendarahan. Luka bakar tidak memicu pendarahan, namun menyebabkan kulit melepuh, atau bengkak dan diiringi rasa sakit yang tak tertahankan.

Perlu anda garis bawahi, hindari beberapa penggunakan odol dan merendam luka bakar dengan menggunakan air ES. Ini dikarenakan selain dapat memicu pecahnya ruam berisi air, kesalahan fatal ini juga dapat menyebabkan peradangan pada luka sebakin memburuk. 

Bagaimana Cara Menangani Luka bakar ?

Pertama tama alirkan air pada luka yang terjamin kebersihannya, setelah bersih, anda bisa mengoleskan salep luka bakar yang bisa ada di apotik terdekat seperti BIOPLASENTON dan sebagainya. Perlu diingat, jangan menutup luka dengan berban terlalau kuat, biarkan aga longgar agar luka cepat mengempis secara alami. Apabila luka bakar amat para segera hubungi dokter terdekat.

E. Luka Robekak Menganga

Luka robekan adalah suatu kondisi dimana terjadi kerusakan pada kulit akibat pukulan atau gesekan benda tumpul yang amat keras. Selain memicu rusaknya jaringan kulit, biasanya ukal ini juga diiringi dengan timbulnya lebam, memar dan bengkak pada organ bersangkutan.

Cara Menangani Luka Robekan Menganga

Pertama tama cuci robekan yang terjadi pada kulit dengan menggunakan rivanol atau cairan sejenisnya, ini bertujuan agar terhindar dari infeksi berlebih. Setelah luka benar benar bersih, oelskan atau taburkan anti septik seperti iodin dan tutup dengan menggunakan kain kasa steril. Apabila luka amat besar, segera konsultasikan kepada dokter terdekat agar bisa dilakukan tindakan medis yang tepat seperti di jahit dan sebagainya. 

Demikian sekilas informasi mengenai berbqagai jenis luka serta cara menganinya kami sampaikan, semoga dengan adanya informasi ini bisa menjembatani kesembuhan anda aamiin.

Baca Juga

Obat busung air Asites
Obat Pembersih Darah Kotor di Apotik 
Vitamin Penambah Nafsu Makan di Apotik
Antibiotik Untuk Bisul Anak
Antibiotik Untuk Batuk

Apakah Anda Menyukai Postingan Kami yang Satu ini?
Silahkan dapatkan Informasi Mengenai Kesehatan lainnya klik

Twitter
Facebook
Google+

 Jenis Jenis Luka dan Cara Mengatasinya