Makanan Yang Baik Saat Pilek

Makanan Yang Baik Saat Pilek

Makanan Yang Baik Saat Pilek

Makanan Yang Baik Saat Pilek – Pilek adalah infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, dan saluran pernafasan bagian atas akibat serangan virus. Pilek bisa di alami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa, seseorang yang sakit pilek akan mengalami gejala seperti, hidung tersumbat, sering mengalami bersin, sering batuk, dan pernafasan tidak lancar serta suara menjadi serak, bahkan mengeluarkan ingus.

Lalu Apa Ingus Itu ?

Ingus merupakan sejenis lendir lengket yang ada di dalam rongga hidung , meski sering di anggap sebagai kotoran namun perannya di dalam hidung tak dapat di remehkan. Karena hidung manusia memiliki kemampuan mengenali berbagai sejenis bau-bauan dengan sangat baik karena bantuan lapisan cairan lengket ini. Ingus juga memainkan sebagai fungsi penting untuk menangkap molekul-molekul bau dan menghubungkan lebih dari 100 reseptor bau dalam rongga hidung manusia. Maka lendir tersebut akan menangkap partikel-partikel, seperti debu, serta serbuk tanaman kemudian melarutkannya. Kadang kala hidung kita akan memproduksi banyak ingus terutama di kala flu atau pilek, jadis peristiwa ini di katakan sebagai hidung tersumbat.

Jika sedang pilek maka ketahui arti dari warna ingus anda, karena dari berbeda warna ingus itu dalam makna arti pun berbeda. Simak arti makna dari warna ingus anda.

  • Warna ingus yang jernih, menunjukan makna bahwa keadaan kita masih normal, dan lendir yang normal biasanya jernih dan bertekstur tebal seperti permukaan lem. 
  • Warna ingus yang putih, dari ingus yang berwarna putih itu menunjukan biasanya dari makanan serta minuman yang berbahan dasar susu, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung susu. Namun selain itu juga, ingus yang berwarna putih itu tidak menandakan adanya bahaya dan bisa di bilang normal.
  • Warna ingus yang kuning, makna dari ingus berwarna kuning menunjukan tubuh kita sedang melawan sesuatu, biasanya virus flu, dan pada tahap awal berwarna kuning terang, tapi dalam beberapa hari kedepan bisa berubah menjadi lebih gelap lagi.
  • Warna ingus yang hijau, makna dari ingus berwarna hijau menunjukan adanya infeksi yang di sebabkan oleh bakteri atau jamur. Lendir hijau biasanya diproduksi oleh sel darah putih yang bereaksi terhadap infeksi dan peradangan.
  • Dan ingus yang keluar dan di sertai dengan darah kemungkinan karena terlalu kencang saat mendorong ingus keluar atau akibat membran hidung yang mengalami kekeringan.

Penyebab Terjadinya Pilek Disertai Ingus Biasanya Seperti Berikut :

  • Sinusitis
  • Infeksi oleh virus
  • Infeksi oleh bakteri
  • Pengaruh emosi dan makanan pedas
  • Ada yang masuk benda asing ke dalam hidung

Gejala Yang Muncul Ketika Ingusan Sebagai Berikut :

  • Hidung tersumbat atau mampet
  • Sering mengalami bersin-bersin
  • Hidung terasa gatal
  • Mata terasa kering
  • Pada umumnya jarang menimbulkan demam

Penyakit pilek yang disertai dengan keluar ingus salah satunya disebabkan karena kekebalan tubuh kita menurun. Oleh karenanya, sebaiknya kita meningkatkan kekebalan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi makanan atau minuman untk meredakan pilek di antaranya :

1. Bayam
Sayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati flu karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh untuk memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, vitamin C, dan masih banyak lagi zat gizi yang terkandung dalam bayam. Bayam jangan dimasak terlalu lama karna zat gizinya akan hilang.

2. Sup Ayam
Sup ayam adalah penisilin alami yang memiliki kemampuan menyembuhkan batuk pilek. Sup ayam hangat membantu melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat dan kaldunya memberi kita lebih banyak energi. Pastikan sup ayam yang kita makan mengandung banyak sayuran.

3. Bawang Putih
Bawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu dan batuk. Pengolahan bawang putih caranya sederhana yaitu dengan kupas bawang, potong dan biarkan 15-20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Jahe
Sejak dahulu jahe diketahui dapat membantu mengobati batuk dan demam yang disertai pilek. Parutlah jahe, lalu masukkan dalam air hangat, dan tambahkan sedikit gula jawa.

5. Teh Hijau 
Dua zat utama dalam teh hijau mampu menjaga tubuh dari ancaman flu yaitu catechin dan theanine. Keduanya adalah antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit.

6. Buah yang Mengandung Vitamin C
Vitamin C merupakan vitamin yang bermanfaat untuk mempertahankan kekebalan tubuh dan melawan flu. Buah yang banyak mengandung vitamin C di antaranya adalah jeruk, pepaya, strawberry, dan lainnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tentang Makanan Yang Baik Saat Pilek, semoga bermanfaat dan menjadikan perantara kesembuhan anda. ~Aminnnn~ Cari Tahu Yukk Cara Menghilangkan Ingus Secara Alami. Silahkan Klik -> Obat penghilang ingus secara alami di Apotik

Baca Juga :

Obat gagal ginjal di Apotik
Obat darah tinggi di Apotik
Obat bopeng jerawat di Apotik
Obat lambung bengkak di Apotik
Obat batuk perokok berat di Apotik
Obat pengencer dahak di tenggorokan di Apotik
Obat penghancur plak pembuluh darah di Apotik

Makanan Yang Baik Saat Pilek