Pantangan Untuk Penderita Lambung Bengkak

Pantangan Untuk Penderita Lambung Bengkak

Pantangan Untuk Penderita Lambung Bengkak

Pantangan Untuk Penderita Lambung Bengkak –  Sekilas tentang lambung bengkak, Lambung bengkak atau sering disebut gastritis adalah kondisi di mana mukosa lambung meradang atau bengkak. Maag yang mungkin muncul tiba-tiba bisa disebut dengan gastritis akut, jika lambung berlangsung lama bisa disebut dengan gastritis kronis. Penyakit ini tidak berbahaya dan bisa disembuhkan dengan obat tertentu. Namun, dalam kebanyakan kasus gastritis bukanlah suatu kondisi yang serius, namun jika dibiarkan maka dapat menyebabkan kehilangan darah dalam jumlah banyak akibat ulkus atau kanker perut.

Pantangan lambung bengkak atau gastritis tidak diketahui banyak orang. Itu karena banyak pasien gastritis yang belum tahu pasti apa yang seharusnya tidak dikonsumsi. Selanjutnya, setelah makan makanannya, perutnya terasa bengkok dan diremas. Gastritis memang memiliki berbagai pantangan. Baik dari segi makanan maupun minuman. Itu karena jika pantang dilanggar, akibatnya penderita gastritis bisa terkena penyakit lambung kronis dan sulit

Faktor dari penyabab lambung bengkak

  1. Infeksi oleh bakteri
  2. Adanya asam lambung berlebihan
  3. Adanya stress dan tekanan emosional yang berlebihan
  4. Waktu makan yang tidak teratur, seperti terlambatnya makan atau makan berlebihan
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang dapat memicu terjadinya iritasi di lambung, seperti mengkonsumsi makanan pedas, asam, obat-obatan seperti aspirin, coffein, yang berdosis tinggi, dan minuman berakohol

Gejala lambung bengkak pada umumya

  1. Ketidak nyamanan pada perut
  2. Kurang nafsu makan
  3. Sering bersendawa
  4. Mual
  5. Muntah
  6. Perut kembung dan terasa nyeri
  7. Sulit tidur karena rasa sakit di daerah perut sebelah atas ulu hati yang dapat menganggu

Beberapa makanan dan minuman menjadi pantangan lambung bengkak sebagai berikut :

  1. Makanan yang mengandung gas, sangat tidak boleh untuk di konsumsi oleh pengidap lambung bengkak karena akan membuat asam pada lambung menjadi naik. Contoh dari makanan yang mengandung gas :
    1. Sawi
    2. Kol
    3. Nangka
    4. Dan pisang ambon
  2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam, dari makanan yang mengandung asam bisa memicu refluxs asam dan juga bisa memperburuk sakit maag. Kadar keasaman dengan batas tertentutidak bisa di toleransi oleh lambung karena semakin banyak cairannya setelah mengkonsumsi makanan asam. Contoh dari makanan yang mengandung asam :
    1. Buah-buahan yang bersifat asam
    2. Asinan yang bersifat asam
    3 Dan Cuka
  3. Makanan yang mengandung alkohol, karenan makanan yang mengandung alkohol memiliki gas yang banyak dan bisa mempercepat asam lambunf menjadi naik. Salah satu makanan yang mengandung alkohol biasanya selalu makanan yang memalui proses fermentasi .Contoh dari makanan yang mengandung alkohol :
    1. Tape ketan
    2. Tape singkong, nah tape singkonglah yang memiliki kandungan alkohol yang tinggi karena tape singkong mengalami proses fermentasi
    3. Manisan buah dan manisan sayur
  4. Beberapa jenis kue yang tidak boleh di konsumsi, karena adanya jenis kue yang sulit untuk di cerna oleh lambung sehingga membuat lambung menjadi terlambat untuk mengkosongkan isinya. Dari pengosongan lambung yang terlambat membuat lambung memiliki peregangan yang meningkat dan akhirnya bisa meningkatkan asam lambung naik dengan cepat di dalam lambung.Contoh dari jenis kue yang tidak dapat di konsumsi :
    1. Kue yang berbahan dasar pisang
    2. Kue yang berbahan dasar keju
    3. Kue tar & kue coklat yang memiliki banyak krim di dalamnya
  5. Makanan pedas, makanan pedas dapat membuat penderita lambung tidak nyaman.Contoh dari makanan pedas :
    1. Saos cabai
    2. Saos tomat
    3. Dan makanan yang mengandung merica berlebihan
  6. Makanan berminyak dan berlemak, karena lemak dan minyak pada makanan akan mudah mengiritasi lambung.Contoh dari makanan berminyak dan berlemak :
    1. Gorengan
    2. Makanan jeroan
    3. Sayur tumis
  7. Makanan berkarbohidrat, jika dikonsumsi dapat membuat lambung cepat terisi dan lambung terlambat mengkosongkan isinya, oleh karena itu karbohidrat tidak boleh di konsumsi oleh pengidap asam lambung.Contoh makanan berkarbohidrat : 
    1. Nasi
    2. Mie
    3. Roti putih yang mengandung banyak lemak mentega
    4. Dan jagung yang memiliki tekstur kasar sehingga sulit untuk di cerna lambung
  8.  Ada beberapa minuman sebagai pantangan lambung bengkak Contoh :
    1. Kopi, karena kandungan kafein yang di dalam kopi dapat membuat asam lambung menjadi naik
    2. Minuman berakohol dan soda, minuman bersoda dan alkohol pun akan menyebabkan asam lambung menjadi meningkat dikarenakan gasnya yang berlebihan. Itulah jenis minuman yang menjadi pantangan asam lambung.
    3. Minuman berenergi, terlepas dari berbagai jenis bahaya, minuman berenergi sangat mematikan bagi tubuh manusia termasuk untuk penderita asam lambung. Bahaya minuman energi bagi penderita asam lambung akan memicu timbulnya asam lambung secara drastis.
    4. Dan yang terkahir semua dari jenis minuman dalam kemasan kaleng maupun botol, minuman dalam kaleng maupun botol bisa dipastikan hampir semuanya memiliki pengawet dan pemanis bahkan pewarna buatan. Untuk itu sangat tidak baik bagi penderita asam lambung.

Itulah dari sekilas informasi mengenai pantangan makanan yang sangat penting bagi penderita penyakit lambung bengkak. Maka hindari selalu makanan yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit lambung bengkak dan atur kembali pola makan anda agar kesehatan pada tubuh anda kembali sehat bebas penyakit. Silahkan Klik -> Obat lambung bengkak di Apotik

Baca Juga :

Obat gagal ginjal di Apotik
Obat darah tinggi di Apotik
Obat bopeng jerawat di Apotik
Obat sakit kepala vertigo di Apotik
Obat batuk perokok berat di Apotik
Obat diare bercampur darah di Apotik
Obat penghancur plak pembuluh darah
Obat penghenti darah pada luka di Apotik
Obat pengencer dahak di tenggorokan di Apotik

Pantangan Untuk Penderita Lambung Bengkak