Penanganan Luka Bakar Akibat Knalpot

Penanganan Luka Bakar Akibat Knalpot

Penanganan Luka Bakar Akibat Knalpot

Penanganan Luka Bakar Akibat Knalpot  Luka bakar adalah sejenis luka pada daging atau kulit akibat panas, listrik, bahan kimia, gesekan atau radiasi. Luka bakar sendiri memiliki jenis dan derajat. Luka bakar dapat dibagi dengan penyebab (panas, listrik, kimia, gesekan atau radiasi), derajat (kedalaman kulit yang terkena), intensitas (ringan sampai parah pada permukaan kulit yang terpapar). Sebagian besar luka bakar adalah luka ringan yang biasa terjadi di rumah atau di tempat kerja. Seringkali seseorang mendapat sedikit luka bakar dari air panas, besi atau menyentuh tungku panas. Perawatan di rumah biasanya diperlukan untuk menyembuhkan dan mencegah masalah lain, seperti infeksi.

Ada Beberapa Macam Jenis Luka Bakar, Diantaranya :

  • Luka bakar suhu panas
    Luka bakar panas atau luka bakar termal, yang disebabkannya oleh api, uap, benda panas, atau cairan panas. Luka bakar lepuh dari cairan panas adalah luka bakar yang paling sering untuk anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua.
  • Luka bakar suhu dingin
    Luka bakar suhu dingin yang disebabkannya oleh paparan kulit untuk kondisi basah berangin atu dingin
  • Luka bakar radiasi
    Luka bakar radiasi bisa disebabkan oleh matahari, tanning, sunlamps, sinar-X, atau terapi radiasi untuk pengobatan kanker.
  • Luka bakar gesekan
    Luka bakar gesekan yang disebabkannya oleh kontak dengan permukaan yang keras seperti jalan “jalankasar”, gesekan karpet. Dari proses gesekan tersebut biasaya menyebabkan abrasi atau pengikisan dan menimbulkan energipanas, atlet yang jatuh di lapangan, atau salah satu trek yang mungkin mendapatkan gesekan yang membakar kulit.
  • Luka bakar kimia
    Luka bakar kimia yang disebabkan oleh kontak dengan bahan kimia industri dalam bentuk cair, padat, serta gas. Makanan alami seperti cabai yang berisi zat yang meirtisasi kulit, dapat menyebabkan sensasi luka bakar.
  • Luka bakar listrik
    Dari luka bakar listrik ini biasanya disebabkan oleh kontak dengan sumber listrik maupun petir.

Ada sebuah kecelakaan atau kejadian yang tidak disengaja seperti terkena knalpot adalah kejadian biasa, semua orang bisa terkena knalpot kendaraan bermotor dan memang terasa sangat panas, dari kasus ini mungkin termasuk kedalam luka bakar akibat suhu panas. Beberapa orang bahkan membutuhkan perawatan serius karena cara penanganannya salah sejak awal. Umumnya saat kulit terkena knalpot panas maka ada beberapa reaksi, yaitu:

  • Rasa sakit yang buruk di daerah kulit seperti terbakar, rasa panas, terasa sakit dan sangat tidak nyaman.
  • Bagian dari kulit yang terkena knalpot akan berwarna merah, lalu hitam dan melepuh. (tapi beberapa orang bisa mengalami bekas luka yang sangat buruk).
  • Ada cairan yang mengisi luka akibat knalpot yang terlihat melotot. Jika cairannya dikeluarkan maka ada bau tak sedap dan rasa sangat sakit.
  • Bengkak pada bagian kulit yang terkena knalpot.

Bagi anda yang menderita luka bakar, mungkin anda terkadang merasa bingung bagaimana untuk menghadapi luka yang sedamh di alami. Nah, disini ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengobati luka bakar akibat knalpot sebagai berikut :

1. Menggunakan Air Yang Mengalir

Mengalir air untukluka bakar adalah pertolongan pertama. Usahakan menggunakan air yang mengalir misalnya dengan menggunakan keran pada luka bakar di atas yang anda alami. Maka hal ini bertujuan untuk mendinginkan luka bakar yang kita alami sehingga bisa mengurangi panas dan rasa sakit yang kita rasakan.

2. Jangan Mengeloskan Luka Dengan Berbagai Macam Hal

Mungkin informasi yang selama ini kita dapat, jika seseorang menderita luka bakar akibat dari suhu panas knalpot sebaiknya di olesi odol biar dingin. Ada juga saran untuk menggunakan kecap, minyak sayur, oli dan lain-lain. Tapi hal ini sebaiknya jangan dilakukan, karena luka bakar dapat menimbulkan kulit anda menjadi melepuh, terkadang juga terkelupas. Jika anda mengoleskan dengan bahan aneh maka dapat menyebabkan infeksi pada luka yang sedang anda alami.

3. Harus Menghindari Penggunaan Kapas

Membalut luka bakar anda dengan kapas adalah hal yang salah. Karena akan beresiko membuat kulit mati anda menempel pada kapas sehingga menyebabkan kulit kita mengelupas.

4. Menutupi Luka Dengan Kasa

Setelah itu jika anda merasa bahwa luka bakar akibat knalpot tidak terlalu parah, bisa menutupi luka dengan kasa steril. Anda juga bisa membantu menyembuhkan luka dengan cepat, caranya adalah dengan memberi larutan garam di kasa yang akan digunakan untuk menutupi luka.

5. Harus Menghindari Memecahkan Gelembung Yang Terbentuk Pada Luka

Gelembung yang terbentuk setelah luka bakar benar-benar mengandung cairan plasma. Tubuh membentuk cairan plasma ini untuk mencegah infeksi karena cedera. Karena itu, gelembung yang terbentuk tidak boleh dipecahkan sehingga cairan plasma tubuh tidak hilang secara sendirinya.

6. Berikan Gel Lidah Buaya

Jika luka yang ditimbulkan cukup ringan, maka jangan lupa beri gel aloe saat gelembung udara di kulit hampir kering. Khasiat lidah buaya untuk kulit bisa membantu memulihkan jaringan kulit sehingga lukanya tidak berbekas Gunakan alat yang bersih untuk mencegah cedera dan cepat pulih.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tentang Penanganan Luka Bakar Akibat Knalpot, semoga bermanfaat dan menjadikan perantara kesembuhan anda. ~Aminnnn~ Cari Tahu Yukk Untuk Mengobati Luka Bakar Dan Berbagai Macam Jenis Luka Lainnya Yang Secara Cepat Dan Aman. Silahkan Klik ->  Obat Penghenti Darah Pada Luka

Baca Juga :

Obat gagal ginjal di Apotik
Obat darah tinggi di Apotik
Obat bopeng jerawat di Apotik
Obat lambung bengkak di Apotik
Obat batuk perokok berat di Apotik
Obat pengencer dahak di tenggorokan di Apotik
Obat penghancur plak pembuluh darah di Apotik

Penanganan Luka Bakar Akibat Knalpot