Penanganan Pertama Pada Luka Bakar

Penanganan Pertama Pada Luka Bakar

Penanganan Pertama Pada Luka Bakar

Penanganan Pertama Pada Luka Bakar  Luka bakar adalah sejenis luka pada daging atau kulit akibat panas, listrik, bahan kimia, gesekan atau radiasi. Luka bakar sendiri memiliki jenis dan derajat. Luka bakar dapat dibagi dengan penyebab (panas, listrik, kimia, gesekan atau radiasi), derajat (kedalaman kulit yang terkena), intensitas (ringan sampai parah pada permukaan kulit yang terpapar). Sebagian besar luka bakar adalah luka ringan yang biasa terjadi di rumah atau di tempat kerja. Seringkali seseorang mendapat sedikit luka bakar dari air panas, besi atau menyentuh tungku panas. Perawatan di rumah biasanya diperlukan untuk menyembuhkan dan mencegah masalah lain, seperti infeksi.

Gejala Dari Luka Bakar

  • Kulit menjadi memerah
  • Kulit yang luka melepus
  • Kulit mengelupas
  • Kulit menjadi hangus
  • Dan adanya pembengkakan

Ada Beberapa Macam Jenis Luka Bakar, Diantaranya :

  • Luka bakar suhu panas
    Luka bakar panas atau luka bakar termal, yang disebabkannya oleh api, uap, benda panas, atau cairan panas. Luka bakar lepuh dari cairan panas adalah luka bakar yang paling sering untuk anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua.
  • Luka bakar suhu dingin
    Luka bakar suhu dingin yang disebabkannya oleh paparan kulit untuk kondisi basah berangin atu dingin
  • Luka bakar radiasi
    Luka bakar radiasi bisa disebabkan oleh matahari, tanning, sunlamps, sinar-X, atau terapi radiasi untuk pengobatan kanker.
  • Luka bakar gesekan
    Luka bakar gesekan yang disebabkannya oleh kontak dengan permukaan yang keras seperti jalan “jalankasar”, gesekan karpet. Dari proses gesekan tersebut biasaya menyebabkan abrasi atau pengikisan dan menimbulkan energipanas, atlet yang jatuh di lapangan, atau salah satu trek yang mungkin mendapatkan gesekan yang membakar kulit.
  • Luka bakar kimia
    Luka bakar kimia yang disebabkan oleh kontak dengan bahan kimia industri dalam bentuk cair, padat, serta gas. Makanan alami seperti cabai yang berisi zat yang meirtisasi kulit, dapat menyebabkan sensasi luka bakar.
  • Luka bakar listrik
    Dari luka bakar listrik ini biasanya disebabkan oleh kontak dengan sumber listrik maupun petir.

Luka bakar didefinisikan dengan derajat pertama, kedua, ketiga dan keempat, tergantung pada seberapa banyak lapisan kulit dan jaringan yang terbakar. Semakin dalam luka bakar dan semakin besar daerah yang terbakar, semakin serius luka bakar yang terjadi.

1. Luka bakar derajat pertama, luka yang mengenai lapisan kulit pertama
2. Dari jenis luka bakar derajat kedua itu di bagi menjadi dua yaitu :

  • Ketebalan superfisial parsial melukai lapisan pertama dan kedua dari kulit
  • Luka bakar yang melukai lapisan kulit yang lebih dalam

3. Luka bakar di tingkat ketiga, (luka bakar penuh atau full thickness) bisa melukai semua lapisan kulit dan jaringan di bawah kulit. Luka bakar ini selalu membutuhkan perawatan medis.
4. Luka bakar derajat keempat meluas melalui kulit, melukai otot, ligamen, tendon, saraf, pembuluh darah, dan tulang. Luka bakar ini selalu membutuhkan perawatan medis.

Untuk yang mengalami luka bakar kecil sampai luka bakar sedang, maka lakukan hal di bawah ini untuk penanganan pertama pada luka bakar, sebagai berikut :

  1. Luka Bakar Di Dinginkan
    Bilas bagian yang terkena luka bakar dengan air dingin (bukan air es) selama 10 sampai 15 menit atau sampai rasa sakit mereda. Jika ini tidak berhasil, coba gunakan kompres yang berisi es. Tapi jangan letakkan es langsung di kulit.
  2. Menutupi Luka Bakar Dengan Perban
    Perlu di ingat, jangan menutupi luka bakar dengan menggunakan kapas atau dari bahan lain yang bisa menempel di luka, jangan mengikat perban terlalu ketat atau kencang untuk mencegah tekanan yang berlebihan pada luka bakar.
  3. Jangan Melepaskan Pakaian Yang Terbakar
    Namun, pastikan untuk korban tidak terkena api atau asap panas
  4. Jangan Menyiram Luka Bakar Yang Besar Dengan Air Dingin
    Jika melakukan hal seperti ini maka akan menyebabkan penurunan suhu tubuh (hipothermia), tekanan darah, dan sirkulasi tubuh.
  5. Kontrol Pernafasan
    Jika korban mengalami tidak bernafas, maka lakukan segera dengan memberikan CPR (Cardiopulmonary resuscitation)
  6. Meninggikan Posisi Tubuh Yang Mengalami Luka Bakar
    Menempatkan bagian tubuh tersebut di atas posisi jantung (diatas dada) jika mungkin.
  7. Menutupi Bagian Tubuh Yang Terkena Luka Bakar
    Gunakan perban dingin dan steril, atau bisa juga dengan menggunakan handuk yang basal dan steril.

Jika melakukan penanganan pertama untuk luka bakar yang bisa dilakukan. Dengan melalui penanganan pertama untuk luka bakar, maka anda bisa mengurangi dampak kerusakan atau kerugian bagi kesehatan di kemudian hari.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tentang Penanganan Pertama Pada Luka Bakar, semoga bermanfaat dan menjadikan perantara kesembuhan anda. ~Aminnnn~ Cari Tahu Yukk Untuk Mengobati Luka Bakar Dan Berbagai Macam Jenis Luka Lainnya Yang Secara Cepat Dan Aman. Silahkan Klik ->  Obat Penghenti Darah Pada Luka

Baca Juga :

Obat gagal ginjal di Apotik
Obat darah tinggi di Apotik
Obat bopeng jerawat di Apotik
Obat lambung bengkak di Apotik
Obat batuk perokok berat di Apotik
Obat pengencer dahak di tenggorokan di Apotik
Obat penghancur plak pembuluh darah di Apotik

Penanganan Pertama Pada Luka Bakar