Radang Payudara Ketika Menyusui

Radang Payudara Ketika Menyusui

Radang Payudara Ketika Menyusui

Radang Payudara Ketika Menyusui  Mengenal pengertian mengenai radang payudara, simak informasi selanjutnya.

Sekilas Radang Payudara

Peradangan pada payudara yang lebih dikenal dengan mastitis adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan nyeri yang terjadi di payudara, melihat payudara berwarna merah, panas dan sakit (meradang). Terkadang payudara juga bisa terkena infeksi. Peradangan payudara atau mastitis biasanya dapat di derita oleh seorang ibu yang baru melahirkan dan menyusui, peradangan pada payudara di sebabkan karena seorang ibu y ang tidak menyusui atau puting payudaranya lecet akibat menyusui sang buah hati. Penyakit radang payudara atau mastitis ini dapat terjadi pada satu sekaligus 2 payudara.

Penyebab Radang Payudara (Mastitis) Secara Umum

1. Mastitis Supurativitis
Dari gejala mastitis supurativitis ini berupa benjolan di bagian payudara dan benjolan yang menebal berwarna merah serta akan terasa sakit dan panas. Sakit yang di rasakan bisa terasa cenat-cenut di bagian payudara dan selebihnya jika payudara ini sebagai bisul yang pecah dan akan menampakan menjadi serem atau mengerikan.

2. Mastitis Periductal
Dari jenis mastitis periductal ini dapat menyerang sebagian wanita yang menjelang masa menapause dan penyebab utamanya tentu belum bisa di pastikan, tetapi dari keadaan ini dapat di katakan istikah mammary duct ectasia dan yang artinya pelebaran di saluran yang di akibatkan adanya penyumbatan pada saluran di payudara.

3. Mastitis Puerperalis atau Lactational
Dari penyebab ketiga ini biasanya dapat di alami oleh seorang wanita yang sedang hamil dan menyusui, mungkin dari penyebab utama seperti ini salah satunya oleh adanya kuman yang menginfeksi payudara lalu terkontaminasi ke puting payudara melalui kontak secara langsung dari bayi yang sedang menyusui.

Gejala Radang Payudara Ketika Sedang Menyusui

  1.  Adanya pembengkakan di bagian payudara
    Pembengkakan payudara ini biasanya akan terasa penuh akibat ASI tidak dapat keluar atau mengendap, sehingga dapat menekan aliran pembuluh darah balik (vena), aliran kelenjar getah bening (limpatik) dan aliran ASI. Dan payudara akan semakin membesar, kemerahan, dan keras serta akan terasa panas dan dapat di sertai dengan demam. Sehingga dapat mengakibatkan bayi sulit untuk mengisap ASI.
  2. Galactocele terjadi radang payudara saat sedang menyusui
    Mastitis atau radang payudara ini ketika sedang menyusui yang berlanjut dapat menyebabkan galactocele atau artinya bentuk kista yang berisikan ASI. Radang payudara ini awalnya cairan kista yang encer lalu lama kemudian akan menjadi kental dan mengeras seperti TUMOR.
  3. Radang payudara yang sudah terjadi
    Mungkin radang payudara yang sudah terjadi ini dapat di lihat dengan gejala yang klinis berupa kemerahan, terasa sakit dan panas sehingga pembengkakan dapat meliputi di daerah sekitar payudara, dan dapat merupakan tanda telah terjadi abses payudara, yaitu berisikan atau terkumpulnya nanah akibat infeksi di dalam payudara.

Penyebab Radang Payudara (Mastitis) Ketika Sedang Menyusui

  1. Lahirnya anak pertama sering mengalami radang payudara
  2. Mengalami stres dan kecapean yang di akibatkan merawat bayi
  3. Mengalami rasa trauma ketika persalinan dan berefek pada saat nifas
  4. Pada ketika masa persalinan mengalami masalah komplikasi sehingga pemberian ASI terlambat (atau inisiasi menyusui dini tidak dilakukan)
  5. Ada perkejaan di luar rumah yang berakibatkan jarang menyusui ASI
  6. Jika ada seorang yang mengalami mastitis sebelumnya mempunyai kecenderungan untuk mengalami mastitis laktasi pada kelahiran anak berikutnya sebesar 40-54%
  7. Jika ada seorang menyusui ketika berumur 21-35 tahun
  8. Dan yang terakhir resiko terjadinya mastitis laktasi meningkat jika ada seorang wanita menyusui dengan diet makanan tinggi lemak, tinggi garam, kekurangan zat besi dan kurang serat, sedangkan asupan yang memiliki kandungan antioksidan seperti buah dan sayur, selenium, vitamin A dan vitamin E dapat menurunkan resikonya.

Demikianlah informasi mengenai Radang Payudara Ketik Menyusui yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan menjadi sebuah perhatian oleh semua masyarakat. ~Cari Tahu Yukkk Untuk Mengobati Penyakit Radang Payudara Secara Alami dan Sembuh Total~. Silahkan Klik -> Obat radang payudara di Apotik

Baca Juga :

Obat penghenti darah pada luka
Obat diare bercampur darah
Obat batuk perokok berat di Apotik
Obat campak jerman pada anak, dewasa, dan balita di Apotik
Obat sakit punggung di Apotik
Obat penghenti pendarahan di rahim
Obat sakit kepala vertigo di Apotik
Obat asma pada anak dan balita di Apotik

Radang Payudara Ketika Menyusui