Tanaman Untuk Menyembuhkan Luka

Tanaman Untuk Menyembuhkan Luka

Tanaman Untuk Menyembuhkan Luka – Luka adalah suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan atau kehilangan beberapa jaringan tubuh yang mungkin disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab seperti suhu tajam, tumpul, panas dan dingin karena terpapar bahan kimia tertentu, ledakan, gigitan hewan, sengatan listrik, atau sebab lainnya.

Tanaman Untuk Menyembuhkan Luka

Macam-Macam Jenis Luka

  • Luka trauma, luka baru yang di akibatkan karena benturan atau hantaman hebat yang menimbulkan memar dan luka terbuka.
  • Luka infeksi, luka terbuka dimana jaringan kulit yang luka telah mengalami perkembangan luka baru akibat radikal bebas.
  • Luka nekrotik, luka yang mengakibatkan jaringan luka menjadi mati dan berwarna hitam, karena benturan keras yang mengakibatkan endapan darah di dalam jaringan yang luka.
  • Luka slough nekrotuk, luka yang berwarna kekuningan yang memar di dalam tetapi sangat sakit jika tersentuh, biasanya akibat terjatuh.
  • Luka granulasi, luka yang hampir sembuh karena telah terjadi proses tumbuhnya sel-sel jaringan kulit baru.
  • Luka epiteliasasi, luka yang sudah hampir sembuh tetapi tetap masih harus mendapat asupan antibiotik dari dalam dan perawatan luar, misalnya mengganti pembalut luka, pemberian antiseptik baru dan lain-lainnya.

Penanganan Luka Secara Umum

Dalam penanganan luka, sudah umum diketahui bahwa yang harus dilakukan adalah tindakan debridement. Debridement bertujuan untuk menciptakan luka bersih sehingga bisa mengurangi kontaminasi luka dan mencegah infeksi. Debridement dapat dilakukan dengan beberapa cara, dari yang kurang invasif ke invasif, debridemen bersifat biologis, mekanis, otolitik, enzimatik, & surgical atau bedah.

Proses Penyembuhan Luka

  1. Fase inflamasi 
    Dari proses penyembuhhan luka fase inflamasi ini yaitu adanya respon vaskuler dan seluler yang terjadi akibat perlukaan yang terjadi pada jaringan lunak, tujuan yang hendak di capai ialah menghentikan perdarahan dan membersihkan lokasi luka dari benda asing, sel-sel mati & bakteri untuk mempersiapkan dimulainya proses penyembuhan.
  2. Fase Proliferatif
    Proses penyembuhan luka fase prloliferatif ini merupakan memperbaiki dan menyembuhkan luka serta di tandai dengan proliferasi sel. Peran firoblas amat sangat besar pada proses perbaikan yakni bertanggung jawab pada persiapan menghasilkan produk struktur protein yang akan digunakan selam proses rekontruksi jaringan.
  3. Fase Maturasi
    Fase ini dimulai pada minggu ke 3 sesudah perlukaan dan berakhr hingga kurang lebih 12 bulan, dengan bertujuan dari fase maturasi yaitu menyempurnakan terbentuknya jaringan baru menjadi jaringan penyembuhan yang kuat dan bermutu. Firoblas sudah mulai meninggalkan jaringan granulasi, warna kemerahan dari jaringan mulai berkurang di karenakan pembuluh mulai regresi dan serat fibrin dari kolagen bertambah banyak untuk memperkuat jaringn parut. Kekuatan dari jaringan parut akan mencapai puncaknya pada minggu ke-10 sesudah perlukaan.

Mungkin saat ini untuk mengenal dari penyebab serta gejalanya tidak perlu untuk di jelasin lagi. Mengapa demikian ? Karena luka, mungkin dari setiap orang sudah mengalaminya sejak kecil. Contohnya jika kita sedang mengiris sesuatu dan akhirnya jari kita teriris atau ketika kita tejatuh dan sebagainya, maka hal pertama untuk dilakukan orang tua kita yaitu untuk mencari tanaman yang khasiatnya untuk menyembuhkan luka agar luka cepat mereda dan cepat kering. 

Maka dari situlah tanpa kita sadari bahwa ada beberapa tanaman disekitar kehidupan kita sehari-hari itu ada yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai tanaman yang berkhasiat untuk menyembuhkan luka.

Tanaman Apa Sajakah Itu ? 

1. Tanaman Antanan

Tanaman antanan ini ternyata dibalik menyerupai tanaman liar yang satu ini ada manfaatnya luar biasa bagi kesehatan tubuh kita khususnya sebagai pengering luka. Dan dari hasil penelitian para ahli yang dapat mempertanggungjawabkan kebenarannya, pada tanaman antanan ditemukan zat aktif asiaticosida. Kandungan zat aktif ini terbukti mempercepat penyembuhan luka secara alami dalam waktu yang relatif singkat.

2. Tanaman Bandotan

Tanaman babadotan dengan bentuk tegak dengan tinggi 30-80 cm dan memiliki daya penyesuaian tinggi, agar mudah tumbuh dimana-mana dan seringkali menjadi gulma atau tanaman hama yang merugikan beberapa petani. Tapi dibalik itu tanaman babadotan bisa digunakan sebagai obat, pestisida dan herbisida, meski untuk pupuk bisa meningkatkan produksi tanaman. Babadotan memiliki bau yang kuat. Babadotan bisa digunakan untuk mengobati pendarahan luka, cedera, bisul dan eksim. Tak hanya itu, daun babadotan ini juga mampu mengobati luka dalam.

3. Tanaman Betadine

Dari kandungan antimikroba dan sel yang rusak di tanaman betadin ternyata mampu mempercepat pengeringan luka dalam waktu yang relatif singkat. Selain mempercepat penyembuhan luka, tanaman betadin juga berperan aktif dalam menghilangkan bekas luka yang menghitam, inilah alasan mengapa tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman obat di luar luka yang tidak dapat diremehkan keberadaannya.

4. Tanaman Cocor Bebek

Intinya, semua sisi tanaman cocor bebek bisa dijadikan obat, walau demikian umumnya yang kerap digunakan yaitu daun cocor bebek, karena daunya merupakan bagian dari tanaman cocor bebek yang paling banyak terkandung air serta berlendir. Daun cocor bebek mengandung asam malat, resin, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam format dan tanin. Memiliki karakter antiinflamasi, hentikan pendarahan, mengurangi pembengkakan, dan mempercepat perawatan luka.

5. Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki berbagai jenis senyawa aktif secara biologis, seperti mannans acetate, polymannans, antrakuinon, berbagai lektin dan saponin serta senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang ada di lidah buaya adalah zat yang bisa mencegah bakteri. Rahasia tanaman ini sebenarnya ada di daun Ladies. Di balik daunnya yang unik dan berduri adalah zat anti-bakteri, anti jamur, dan anti-virus yang dapat menghindari luka-luka anda dari infeksi. Jangan sampai disitu, sebenarnya tanaman ini bisa memiliki zat yang bisa merangsang pergantian kolagen sampai luka alami kulit Anda lebih cepat diobati.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tentang Tanaman Untuk Menyembuhkan Luka, semoga bermanfaat dan menjadikan perantara kesembuhan anda. ~Aminnnn~ Cari Tahu Yukk Untuk Mengetahui Cara Menyembuhkan Luka Secara Cepat Dan Aman.  Silahkan Klik -> Obat Penghenti Darah Pada Luka

Baca Juga :

Obat gagal ginjal di Apotik
Obat darah tinggi di Apotik
Obat bopeng jerawat di Apotik
Obat lambung bengkak di Apotik
Obat batuk perokok berat di Apotik
Obat pengencer dahak di tenggorokan di Apotik
Obat penghancur plak pembuluh darah di Apotik

Tanaman Untuk Menyembuhkan Luka